Sabtu, 25 Agustus 2012

Jangan Menghina Orang

Rasullah SAW tidak pernah menghina orang lain karena perbuatan tersebut sangat di benci oleh Allah SWT.
bayangkan jika kita di benci Allah siapa yang memberi syafaat pada kita nanti di akhirat kelak. Rasullah SAW pun tak pernah bercanda yang sampai kelewatan yang menyinggung perasaan orang lain, sudah sepatutnya kita umat Nabi Muhammad SAW untuk mencontoh Beliau baik dalam sikap, lisan, dan tindakan kita berusaha mencontoh Rasullah.



Saya punya sebuah cerita dimana Rasullah yang selalu di hina oleh nenek tua buta yahudi, Beliau hanya membalas dengan kebaikan kepada orang yang menghina tersebut.

Suatu ketika Rasullah SAW berjalan Ia melihat seorang wanita buta yang begitu rentan karena sudah terlalu tua, Rasullah menghampirinya dan memberikan makan pada wanita tua buta tersebut. Dengan tulus dan ikhlas Beliau menyuapi  wanita tua buta tersebut setiap harinya, akan tetapi wanita tua tersebut selalu saja menjelek jelekan nama Rasullah, akan tetapi wanita tua tersebut tak tahu bahwa yang menyuapinya setiap hari kepadanya itu adalah Rasullah SAW. Dan ketika Rasullah wafat Beliau berpesan pada sahabatnya Abu Bakar untuk mengantikannya menyuapi nenek tua buta tersebut setelah Beliau wafat. Kemudian setelah Beliau wafat sahabatnya Abu Bakar menjalankan amanah Beliau tersebut. Kemudian Abu Bakar mengantikan Rasullah menyuapi nenek tua buta tersebut dengan tulus ikhlas, akan tetapi nenek tua buta tersebut merasa lain dengan tangan yang menyuapinya tersebut, kemudian nenek tua tersebut bertanya " siapa kah engkau ? engkau bukan pemuda yang setiap harinya menyuapiku !" , kemudian Abu Bakar menjawab " wahai nenek tua perkenalkan nama saya Abu Bakar yang menggantikan Rasullah untuk menyuapimu karena Beliau berpesan padaku untuk menggantikan Beliau menyuapimu jika Beliau telah wafat, kini Beliau telah wafat sekarang sudah menjadi tugas ku untuk menggantikan Beliau menyuapimu".

Kemudian nenek tua itu menangis karena yang Ia kira Rasullah SAW orang yang jahat ternyata dia salah Beliau seorang yang baik hati yang sabar, Beliau tak pernah marah ketika Ia di hina, dan ia pun memutuskan untuk masuk Islam.

Nah bisa kita simak dari cerita tersebut bahwa jika ada orang yang menghina kita tak perlu lah kita marah karena semua itu hanya ujian dari Allah, karena Allah ingin melihat seberapa jauh iman kita kepada-Nya.

Semoga Allah selalu memberi petunjuk pada kita semua AMIN......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar